ANALISIS SEMIOTIKA SYI’IR AYYUHAL HUBB KARYA ABU AL QASIM AS-SYABI

Zakiyatus Sholichah Zen, Sakina Zubaidi

Abstract


ABSTRAK: Syi’ir atau puisi Arab adalah karya sastra ucapan atau tulisan yang memiliki wazan(mengikuti ritme gaya lama) dan qofiyah (rima akhir) serta didominasi oleh unsur ekspresi rasa dan imajinasi. Salah satu teori yang bisa digunakan untuk menganalisis karya sastra adalah semiotika. Semiotika merupakan usaha analisis karya sastra yang mengkaji sistem tanda-tanda serta menentukan konvensi-konvensi yang memungkinkan karya sastra bermakna. Cinta secara umum merupakan emosi dari  kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi dimana cinta merupakan perasaan positif yang dialami oleh setiap makhluk hidup. Makna cinta dalam syi’ir ayyuhal hubb inilah yang menjadi subjek kajian penulis melalui analisis semiotika karya sastra. 
KATA KUNCI: Syi’ir, semiotika, cinta.

References


DAFTAR PUSTAKA

Mahliatussikah, Hanik. 2015. Pembelajaran Puisi Teori dan Penerapan dalam kajian puisi Arab. Malang: Jurusan Sastra Arab UM.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1997. Ragam Bahasa Sastra dalam Jurnal Humaniora IV. Yogyakarta: FIB UGM.

Riffaterre, Michael. 1978. Semiotics Of Poetry. Bloomington and London: Indiana University Press.

Yunati, Mella, dkk. 2018. Analisis Bentuk-bentuk Penyiasatan Struktur Dalam Puisi-Puisi Publikasi Harian Serambi Indonesia 2016. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 12 No. 1; Januari 2018:8-20.

??? ??????. ????? ??? ?????? ??????. 2013.??? ????.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.