PENGGUNAAN MEDIA KARTU TANYA JAWAB PADA MATERI KAIDAH (QAWAID) BAHASA ARAB KELAS X AGAMA MAN 1 MALANG

As'ad Sulthon Al Hanif

Abstract


Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti di MAN 1 Malang, pembelajaran bahasa Arab masih sering menggunakan metode ceramah atau direction method, yang membuat kelas cenderung membosankan dan monoton, apalagi jika diterapkan dalam pembelajaran qawaid atau kaidah bahasa Arab yang membutuhkan penjelasan dan proses drill yang mencukupi supaya mencapai pemahaman yang utuh, dalam hal ini peneliti menerapkan media kartu tanya jawab untuk meningkatkan kadar motivasi belajar dan pemahaman peserta didik pada kaidah atau qawaid bahasa Arab, kartu tanya jawab merupakan kartu berisi konten materi kaidah bahasa Arab, penerapannya langsung dipraktekan oleh murid secara berpasangan guna menciptakan suasana pembelajaran yang rileks dan menyenangkan serta secara tidak langsung terterapkan proses drill dalam kegiatan tersebut. Penelitianinibertujuanuntuk: (1) Untuk mengaetahui penggunaan media kartu tanya jawab dalam pembelajaran kaidah (qawaid) bahasa Arab di kelas X agama MAN 1 Malang. (2) Untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan media kartu tanya jawab dalam pembelajaran kaidah (qawaid) bahasa Arab di kelas X agama MAN 1 Malang. Penelitian berikut menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindak Kelas). Hasil penelitian: (1) suasana pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih rileks. (2) motivasi belajar peserta didik terhadap pelajaran bahasa Arab meningkat. (3) pemahaman peserta didik terhadap pelajaran qawaid bahasa Arab meningkat.

 

KATA KUNCI: Media Pembelajaran, Kartu Tanya Jawab, Qawaid.

 


References


Akhmad Sudrajat, 2008. Media Pembelajaran. 17 Desember 2008. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/media-pembelajaran.

Dwi Lestari, Nova. Pentingnya Penggunaan Metode dalam Proses Pembelajaran.

http://www.academia.edu/35238533/PENTINGNYA_PENGGUNAAN_ METODE_DALAM_PROSES_PEMBELJARAN

Fahcrurrozi, Aziz. 2011. Teknik Pembelajaran bahasa Arab. Jakarta: LB Yassarna YBMQ.

Gultom, S. 2013. Peran guru pada Implementasi Kurikulum, Bahan pesentasi sosialisasi kurikulum 2013 di nusa tenggara barat, kemdikbud

Mulyani, Sri. 2016. Penggunaan Media Kartu (Flash Card) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII.

http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Rosyidi, Abdil Wahab. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Sani, RA. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 1990. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung. Fakultas Ekonomi UI.

Supardi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.