PEMIKIRAN NAHWU IMAM AS-SHANHAJI DALAM KITAB Al-AJURRUMIYAH

Farhan Zaky Audani, Bety Istif Fani

Abstract


ABSTRAK: Ilmu nahwu dalam Bahasa Arab merupakan syarat utama yang harus dipahami sebelum mempelajari dan mendalami Bahasa Arab. Kitab Al-Ajurrumiyah adalah kitab dasar gramatika Arab atau sering disebut dengan ilmu nahwu. Kitab ini cukup tipis, namun isi dan faedahnya sangat banyak. Pembelajaran ilmu nahwu menggunakan kitab Al-Ajurrumiyah ditujukan untuk pembelajar gramatika Arab pemula, karena kitab ini lebih diprioritaskan untuk pembelajaran dasar ilmu nahwu. Melihat dari banyaknya keunggulan kitab ini, kita perlu membahas pemikiran-pemikiran dari penulisnya yakni Imam As-Shanhaji. Seperti halnya beliau menyusun kitab Al-Ajurrumiyah dengan mengikuti madzhab Kufah. Imam As-Shanhaji berhasil menulis dan menyusun materi pembelajaran dalam kitab ini dengan sistematis dan cermat. Sistematis berarti beliau mengawali pembahasannya dari materi yang mudah menuju pada yang sulit. Selain itu, beliau juga memulai pembahasan pada setiap bab diawali dengan pengertian atau definisi, kemudian dilengkapi dengan contoh-contoh yang mudah diingat, dan dengan beberapa bahasa yang sama untuk memudahkan peserta didik dalam memahaminya. Dengan adanya pembahasan ini, diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan nahwu para peserta didik.

KATA KUNCI: Pemikiran Nahwu Imam As-Shanhaji, Kitab Al-Ajurrumiyah, Peserta didik.

References


Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Gunawan, H. dkk. 2018. Penyusunan Materi Pembelajaran Qawaid Nahwiyah Dalam Kitab Al-Jurumiyah. Jurnal Dialog, 41(2).

Nasihin, S. Dimensi Lain Ilmu Nahwu (Kajian Tasawuf Terhadap Matan Al-Ajurumiyah). Tidak diterbitkan.

Salsabila, A. H. 2010. 4 Langkah Membaca dan Menerjemah Kitab Gundul, Metode Assasakiy. Bekasi: Ukhwatuna.

Sehri, A. 2010. Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Hunafa, 7(1), 47-60.

Syathybie, A. & Sauri, S. 2017. Pengembangan Materi Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab (Nahwu) di Pesantren Bayt Tamyiz Indramayu. Jurnal Tadibuna, 6(2), 151-168.

Wahyono, I .2019. Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Jurnal Tarbiyatuna, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.