KARTU KATA DAN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSA KATA SISWA KELAS III DI MADRASAH ALIYAH AL-KHOIROT

Muhammad Zahid ‘Afafarrasyihab Rahimadinullah

Abstract


Mengingat masih banyak dijumpai beberapa madrasah yang masih mempertahankan model pembelajaran konvensional, dengan tidak adanya target jumlah mufrodat yang harus dikuasai, bahkan tidak segera beradaptasi dengan kebutuhan lapangan. Maka didasarkan hal tersebut, perancangan dan pengembangan media pembelajaran dibutuhkan dengan segera demi mengakomodasi tantangan zaman. Kesuksesan pengajaran bahasa Arab pada masa ini dipengaruhi oleh metode dan media yang digunakan oleh guru di dalam pengajarannya. Dalam pembelajaran, media sangatlah penting karena sebagai sarana dalam belajar dan untuk menarik siswa lebih semangat, tidak membosankan dan dapat dengan mudah menerima kosakata Bahasa Arab. Kosakata merupakan hal yang paling dasar dalam pembelajaran bahasa. Selama ini guru di dalam pengajarannya kurang aktif dan kreatif bagi siswa terutama dalam pembelajaran kosakata. Pembelajaran kosakata selalu di ulang-ulang pada tiap tingkatan, sehingga kekayaan dan penguasaan kosakata terbatas hanya itu saja. Oleh karena itu tulisan ini memaparkan media pembelajaran terutama dalam pembelajaran kosakata yang sesuai dan terdapat target pada jumlah kosakata yang harus dicapai siswa pada setiap jenjangnya agar siswa tertarik dan lebih aktif dengan menggunakan kartu kata yang tidak monoton karena selalu diulangulang di setiap tingkatan dan diketahui berapa kosakata yang diperoleh sampai jenjang akhir secara ideal. 

 

KATA KUNCI: Pembelajaran bahasa Arab, langkah-langkah, kartu kata, kosakata. 

 


References


Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Farida, Jaya. 2015. Perencanaan Pembelajaran unruk Kalangan Sendiri. Medan: Gema Ihsani, h. 11 http://ian43.wordpress.com/pengertian-media-gambar. Diakses pada 18 April 2019 pukul 22.00

Kostarika, Firda. 2016. SKRIPSI: Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Penguasaan Mufradat di Mi Negeri Model Slarang Kidul Lebaksiu Tegal Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Mahmudah, Triastuti. SKRIPSI : Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 2 Bantul. Yogyakarta: UNY.

Murtadho, Nurul. Penyelarasan Materi Dan Model Rpp Bahasa Arab Untuk Pendidikan Dasar Dan Menengah

Nandang Sarip. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012

Rajasa, Wahyu. 2015. SKRIPSI: Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Pengenalan Sinyal Wasit Ddalam Permainan Bolabasket untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Semarang: UNNES.

Rizqi, Khaerur. 2013. SKRIPSI: Penggunaan Kartu Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Mufrodat Bahasa Arab pada Siswa Tunarungu di SDLB Negeri Ungaran Tahun 2012/2013. Semarang: UNNES.

Sekarini, Wining. 2018. SKRIPSI: Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame. Lampung: UIN Raden Intan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.