PENERAPAN MEDIA SMART CARD UNTUK MENINGKATAKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB (MUFRODAT) SISWA KELAS III MI MIFTAHUL HUDA GRESIK

Nadiah Faridah

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kosakata bahasa Arab (mufrodat) siswa kelas III di MI Miftahul Huda, penerapan media smart card serta  peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan media smart card. Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif yang diperoleh dari wawancara, obervasi dan angket. kemudian data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media smart cardmampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) siswa.

Kata Kunci : Media smart card, Kosakata, MI Miftahul Huda Gresik.

 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Ainin, Moh. 2014. Metodologi Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab(Teori dan Praktek). Malang: Bintang Sejahtera.

Al Masudi, M.Sholihudin. 2015. Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V di MI Nurul Ulum Betoyoguci Manyar Gresik. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Sastra Arab FS UM.

Asrori, Imam dan Ahsanudin. 2015. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Cv Bintang Sejahtera.

Cholifatur, Ana. 2016. Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Dengan Media Kartu Untuk Anak Kelompok B Paud Bunga Muhabedali Kediri. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Sastra Arab FS UM.

Rofiudin, Dian. 2015. Penggunaan Media Kartu untuk Meningkatkan Penggunaan Bahasa Arab pada Siswa Kelas 5 MINU Kalipare Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Sastra Arab FS UM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.