PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID KAMUS JAMAK TAKSIR BERBASIS BUKU AL-’ARABIYYAH BAINA YADAIK

Ainal Mardiyah, Imam Asrori, Laily Maziyah

Abstract


Bervariasinya bentuk jamak taksir ternyata menjadi problematika tersendiri bagi pembelajar bahasa Arab. Oleh karena itu, dibuat aplikasi android kamus Jamak Taksir berbasis buku Al-’Arabiyyah Baina Yadaik (ABY). Buku ABY dipilih karena banyak universitas di Indonesia menggunakannya dalam proses pembelajaran bahasa Arab, antara lain Universitas Negeri Malang, UIN Jakarta, dan Universitas Muhammadiyyah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk kamus Jamak Taksir berbasis buku ABY, dengan mendeskripsikan: (1) produk, (2) kelayakan produk, dan (3) efektifitas produk. Aplikasi ini berisi ±659 kata tunggal lengkap dengan contoh dan materi jamak taksir. Hasil penelitian menunjukkan produk ini sangat layak dan efektif. Uji lapangan menunjukkan banyak mahasiswa menyukai aplikasi ini.

 

Kata kunci: aplikasi android, kamus, jamak taksir, ABY


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Ainin, Moh. 2010. Analisis Bahasa Pembelajaran Bahas Arab Sebagai Bahasa Asing. Malang: MISYKAT (Anggota IKAPI).

Ainin, Moh. 2013. Metodologi Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab (Teori dan Praktik). Malang: CV. Bintang Sejahtera.

Al-Ghalayaini, Mushthafa. 1994. Jamiu al-Durus al-Arabiyyah. Bairut: alMaktabah al-Ashriyyah.

Delami. 2017. Perkembangan Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia. Skripsi tidak diterbitkan. Palembang: Fakultas Adab IAIN Raden Fatah Palembang.

Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maziyah, laily. 2016. Tahlil Muhtawa Kitab Talim Al-Arabiyyah li An-Nathiqin bi ghairiha: Al-Kitab fi taallum Al-Aarabiyyah min Amrika. Kitab Al-Mutamar, 5:1187-1202.

Qabbisy, Ahmad. Tanpa Tahun. Al-Kamil fi an-Nahwi wa asy-Sharfi wa al-Irab. Bairut: Dar al-Jil.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Universitas Pendidikan Ganesha. 2011. Kriteria Media Pembelajaran, (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/kemahasiswaan/index.php?c=HOME&md=mn&kid=470/, diakses tanggal 16 Juli 2017).

Wahab, Muhbib Abdul. 2003. Optimalisasi Fungsi Kamus Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Islam. 2(6):116-128.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.